Breaking News

19 Aplikasi Bisa Diakses Pakai Kuota Belajar Pemerintah, Ada WhatsApp

19 Aplikasi Bisa Diakses Pakai Kuota Belajar Pemerintah, Ada WhatsApp

0 0

VIVA   –  Pemerintah resmi telah menyalurkan catu internet gratis bagi pelajar serta tenaga pendidik dalam rangka kesibukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tumpuan ini dibagi ke dalam kuota umum dan kuota belajar yang akan disebar setiap bulannya.

Mengutip laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis, satu Oktober 2020, kuota internet percuma dimaksudkan untuk bisa dipakai mengakses laman serta aplikasi belajar online. Di dalamnya terdapat aplikasi, konvensi video, website, serta website kampus.

Baca: Bakal Dapat Kuota Internet Gratis dibanding Pemerintah, Ini Syaratnya

Ada 19 aplikasi yang bisa digunakan dengan mengakses kuota belajar, di mana beberapa di antaranya adalah maklumat edutech seperti Ruangguru, Bahaso, Cakap, Udemy, dan Zenius. Uniknya, aplikasi pesan singkat WhatsApp juga termasuk yang bisa diakses dalam kuota internet gratis tersebut.

Sementara itu untuk platform konferensi gambar yang masuk dalam daftar bagian belajar adalah Cisco Webex, Om google Meet, Microsoft Teams, U Meet Me, dan juga Zoom. Adapun website, beberapa di antaranya berawal dari Kementerian Pendidikan dan Kultur, serta laman Cambridge English.

Selain itu ada ratusan website kampus yang juga bisa diakses, seperti laman ITB, UI, Unpad, UGM, serta ITS. Pemerintah juga membagi empat paket tumpuan. Peserta didik PAUD serta Pelajaran Dasar dan Menengah yang masing-masing akan mendapatkan 20GB (kuota membiasakan 15GB+kuota umum 5GB) dan 35GB (kuota belajar 30GB+kuota umum 5GB).

Gaya pendidik PAUD serta jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah disalurkan tumpuan sebanyak 42GB (kuota belajar 37GB+kuota umum 5GB). Mahasiswa dan dosen juga akan mendapatkan total 50GB dengan pembagian 45GB kuota bersekolah dan 5GBG kuota umum. Beserta daftar lengkap 19 aplikasi yang bisa diakses menggunakan kuota menelaah dari pemerintah:

    1. Aminin
    2. Ayoblajar
    3. Bahaso
    4. Birru
    5. Cakap
    6. Duolingo
    7. Edmodo
    8. Eduka System
    9. Ganeca Digital
    10. Om google Classroom
    11. Kipin Scholl 4. 0
    12. Microsoft Education
    13. Quipper
    14. Ruangguru
    15. Sendi Belajar
    16. Sekolah. Mu
    17. Udemy
    18. Zenius
    19. WhatsApp

Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Sleepy
0 %
Angry
0 %
Surprise
0 %